PC Gaming atau Mobile Gaming
Game

PC Gaming atau Mobile Gaming, Mana yang Lebih Baik?

Seiring berjalannya waktu, game bukan hanya dimainkan di console seperti Playstation, Xbox, atau Nintendo saja. Game sudah bisa dimainkan di PC dan di mobile. Kita lebih sering menyebutnya sebagai PC Gaming atau Mobile Gaming.

Mana yang lebih baik antara PC Gaming atau Mobile Gaming? Jawaban dari pertanyaan tersebut masih menjadi sebuah perdebatan. Game PC memang lebih dulu ada dari game mobile, namun perkembangan game mobile terlampau sangat cepat.

Apalagi, smartphone sekarang semakin canggih. Tentunya para developer game mobile tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Mereka membuat banyak game seru yang menjadi populer dengan cepat, salah satunya adalah game Mobile Legends.

Nah, kali ini tertera akan memberikan perbandingan antara PC Gaming dan Mobile Gaming, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

PC Gaming atau Mobile Gaming?

PC Gaming

Baiklah, apa yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah PC Gaming atau game PC. Apa saja kelebihan dan kekurangan game PC?

Kelebihan Game PC:

1. Layar Lebih Luas

Yup. Hal ini tidak bisa dibohongi. Kelebihan bermain game di PC adalah layar yang lebih luas dibandingkan dengan layar mobile. Lah, layar monitor PC kan pastinya besar-besar. Ada yang ukurannya 14 inch, 17 inch, 21 inch, bahkan ada yang lebih dari 50 inch besarnya.

Layar yang luas ini berperan besar dalam bermain game. Bermain game dengan menggunakan layar yang luas membuat permukaan game menjadi lebih luas juga. Apalagi jika kamu menggunakan layar dengan ukuran dan resolusi yang tinggi.

Anggaplah kamu menggunakan layar 50 inch 4k dan kartu grafis RTX 2080 Ti, kamu pastinya akan mendapatkan kepuasan tersendiri dalam bermain game.

Jika kamu adalah orang yang menyukai layar yang luas, kamu lebih cocok bermain game di PC dibandingkan di mobile.

2. Grafis Maksimal

Hampir mirip dengan poin pertama, game PC memiliki grafis yang lebih baik dibandingkan dengan mobile. Yah, hal ini dipengaruhi oleh kartu grafis sih. Semakin tinggi kartu grafis yang kamu miliki, maka semakin bagus juga grafis game yang kamu mainkan.

3. Upgradable

Yup, upgradable. PC adalah alat yang bisa kamu upgrade sesuka hati. Mulai dari RAM, kartu grafis, prosesor, dan perangkat PC lainnya pun bisa kamu upgrade. Berbeda dengan smartphone yang memiliki spesifikasi tetap.

4. Banyak Pilihan Antarmuka Kontrol

PC Gaming memperbolehkan kamu menggunakan keyboard, mouse, controller, joystick, atau bahkan steering wheel. Antarmuka di sini maksudnya semacam alat bantu kontrol untuk bermain game.

Kekurangan Game PC:

1. Harga Mahal

Perlu kamu ketahui, PC / desktop harganya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan smartphone. Harga PC bervariasi, namun PC khusus untuk bermain game biasanya mulai dari 5 hingga ratusan juta rupiah. Untuk dapat bermain game berat dengan grafis seperti PS4 Pro, setidaknya kamu perlu mengeluarkan uang minimal 10 juta.

Selain harga dari PC / desktopnya, game-game PC juga memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Untuk bermain game PUBG saja kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 220 ribu rupiah. Sedangkan pada game mobile kamu bisa memainkan game PUBG secara gratis.

Jika kamu tidak masalah mengeluarkan uang berjuta-juta untuk bermain game, maka kamu bisa memilih menjadi gamer PC.

2. Rumit

Mulai dari perakitan, hingga perawatan PC rumit untuk dilakukan. Kamu harus teliti dan juga berhati-hati agar performa PC kamu tidak menurun. Merawat komponen-komponen yang ada dari debu dan panas.

Kamu juga perlu berhati-hati agar PC kamu tidak terkena virus-virus berbahaya.

3. Tidak Fleksibel

Kamu tidak bisa bermain game PC di manapun dan kapanpun, karena PC pastinya berat dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Yah, kecuali kamu adalah orang yang nekat menyimpan PC di dalam tas.

Mobile Gaming

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan game mobile.

Kelebihan Game Mobile:

1. Fleksibel

Selain kecil, smartphone bisa kamu bawa kemana-mana dengan mudah. Hal itu berarti smartphone lebih fleksibel dibandingkan dengan PC. Kamu bisa bermain game di mana pun dan kapan pun kamu mau.

Kamu hanya perlu membawa smartphone yang kamu miliki. Jika baterai kamu habis, kamu bisa menggunakan powerbank. Sambil duduk? sambil tiduran? Kamu tetap bisa bermain game mobile dengan posisi apapun.

2. Game Gratis dan Murah

Kita semua tahu bahwa kebanyakan game mobile adalah gratis. Jika ada game yang berbayar, harganya masih sangat terjangkau. Perlu bukti? Coba kamu buka Google Play Store, dan pilih kategori game. Di sana, kamu akan menemukan ribuan, bahkan jutaan lebih game mobile gratis.

Jika kamu adalah orang yang sangat pelit, atau tidak memiliki banyak uang, maka game mobile menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Dengan perkembangan game mobile yang terus meningkat, kamu pasti akan menemukan game yang cocok untukmu.

3. Banyak Game

Dibandingkan dengan game PC, game mobile lebih cepat perkembangannya. Mulai dari developer game besar sampai yang kecil memiliki persaingannya tersendiri. Mereka saling bersaing membuat game yang dapat menarik hati para gamer. Hal ini berarti akan semakin banyak game yang tersedia di mobile.

Kekurangan Game Mobile:

1. Layar Kecil

Rata-rata smartphone memiliki layar 4-6 inch, tentu layar tersebut sangatlah kecil dibandingkan dengan PC yang memiliki layar lebih dari 14 inch, bahkan ada yang sampai 50 inch.

Kepuasan bermain di layar yang besar dan layar yang kecil tentunya berbeda. Tapi, jika kamu menyukai layar kecil maka hal ini tidak menjadi masalah.

2. In-app Purchase Bikin Boros

Memang game mobile didominasi oleh game gratis. Namun dalam game tersebut ada yang namanya in-app purchase (pembelian dalam aplikasi). Gamer mobile yang membeli dalam game bisa lebih boros dibandingkan dengan gamer PC. Apalagi jika game mobile tersebut bertipe pay-to-win.

Godaan in-app purchase ini harus kamu tahan jika tidak ingin boros.

3. Kontrol Sistem

Untuk bermain game, kamu tidak perlu membeli peralatan kontrol apapun. Yah, itu kalau kamu tidak masalah mengontrol game dengan jari di layar smartphone-mu.

Berbeda dengan PC, game mobile memiliki kontrol yang sedikit. Bagi sebagian orang, ini merupakan masalah besar.

Nah, itu tadi adalah perbandingan PC Gaming dan Mobile Gaming. Setelah membaca perbandingan di atas, kamu pilih yang mana? PC Gaming atau Mobile Gaming?

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *